Rabu, 08 Mei 2013

Pengertian dan contoh Program Bubble short C++


Pengertian/Konsep Buble Sort  - Setelah sebelum nya kita telah mengulas pengurutan/soring dengan metode selection sort ,maka kali ini di lanjutkan dengan metode bubble short. Bubble sort (metode gelembung) adalah metode/algoritma pengurutan dengan dengan cara melakukan penukaran data dengan tepat disebelahnya secara terus menerus sampai bisa dipastikan dalam satu iterasi tertentu tidak ada lagi perubahan. Jika tidak ada perubahan berarti data sudah terurut. Disebut pengurutan gelembung karena masing-masing kunci akan dengan lambat menggelembung ke posisinya yang tepat.

Kelebihan Bubble Sort

  • Metode Buble Sort merupakan metode yang paling simpel
  • Metode Buble Sort mudah dipahami algoritmanya

Kelemahan Bubble Sort

Metode ‘Bubble Sort’ merupakan metode pertama yang paling banyak dipelajari oleh programmer. Karena lebih sederhana. Akan tetapi ‘Bubble Sort’ sendiri memiliki kelemahan/kekurangan. Seperti :
  1. ‘Bubble Sort’ tidak efisien dan menyita lebih banyak waktu prosessor dibandingkan dengan metode sorting yang lain.
  2. Penggunaan ‘Bubble Sort’ masih dapat terlihat baik jika jumlah data/elemen yang di inputkan tidak lebih dari 30 atau kurang dari 30 elemen.

Algoritma Bubble Sort

  1. Membandingkan data ke-i dengan data ke-(i+1) (tepat bersebelahan). Jika tidak sesuai maka tukar (data ke-i = data ke-(i+1) dan data ke-(i+1) = data ke-i). Apa maksudnya tidak sesuai? Jika kita menginginkan algoritme menghasilkan data dengan urutan ascending (A-Z) kondisi tidak sesuai adalah data ke-i > data ke-i+1, dan sebaliknya untuk urutan descending (A-Z).
  2. Membandingkan data ke-(i+1) dengan data ke-(i+2). Kita melakukan pembandingan ini sampai data terakhir. Contoh: 1 dgn 2; 2 dgn 3; 3 dgn 4; 4 dgn 5 … ; n-1 dgn n.
  3. Selesai satu iterasi, adalah jika kita sudah selesai membandingkan antara (n-1) dgn n. Setelah selesai satu iterasi kita lanjutkan lagi iterasi berikutnya sesuai dengan aturan ke-1. mulai dari data ke-1 dgn data ke-2, dst.
  4. Proses akan berhenti jika tidak ada pertukaran dalam satu iterasi.

Contoh Kasus Bubble Sort

Misalkan kita punya data seperti ini: 6, 4, 3, 2 dan kita ingin mengurutkan data ini (ascending) dengan menggunakan bubble sort. Berikut ini adalah proses yang terjadi:
Iterasi ke-1: 4, 6, 3, 2 :: 4, 3, 6, 2 :: 4, 3, 2, 6 (ada 3 pertukaran)
Iterasi ke-2: 3, 4, 2, 6 :: 3, 2, 4, 6 :: 3, 2, 4, 6 (ada 2 pertukaran)
Iterasi ke-3: 2, 3, 4, 6 :: 2, 3, 4, 6 :: 2, 3, 4, 6 (ada 1 pertukaran)
Iterasi ke-4: 2, 3, 4, 6 :: 2, 3, 4, 6 :: 2, 3, 4, 6 (ada 0 pertukaran) -> proses selesai

Berikut ini contoh listing program  atau kode program metode bubble sort dalam bahasa C/C++

Contoh Program 

Mau tutorial lengkap nya,silahkan baca ebook yang berformast PDF Disini

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar:

mt siang bro tolong membantu ku dlm kerjakan tugas di bubble sort di blog ini ya!!

Poskan Komentar